Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD): “Membangun Perikanan Cerdas Berbasis Internet of Things”

Kabupaten Blitar (sambungdesa.com), Hari Selasa malam (05/12/2023) di gedung pertemuan Kantor Desa Sawentar dilaksanakan Pelatihan dan Diskusi di Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) dengan tema “Membangun Perikanan Cerdas Berbasis Teknologi Internet of Things”. Kegiatan yang merupkan bagian dari program pemberdayaan lokus Desa Cerdas Kemendes PDTT ini, diselenggarakan oleh Kader Digital Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar dengan menampilkan dua orang pemateri, yaitu Hamzah Fathoni, Ketua Umum Relawan TIK Kabupaten Blitar, yang juga Leader Desa Cerdas Relawan TIK Indonesia dan Sugiarto, S.Kom., M. Kom., Kepala Program Studi Bisnis Digital, Fasilkom UPN Veteran Jawa Timur.

Kegiatan ini dibuka oleh Mujiyanto, Kepala Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Dalam sambutannya, Mujiyanto menyampaikan bahwa kegiatan malam ini merupakan rangkaian dari Desa Sawentar yang telah ditetapkan oleh Pusdaing Kemendes PDTT sebagai salah satu lokus Smart Village (Desa Cerdas) Fase pertama. Dimana ada beberapa pilar dari program Desa Cerdas, yaitu Masyarakat Cerdas, Ekonomi Cerdas, dan Kehidupan cerdas yang harus dicapai dengan berbagai bentuk kegiatan seperti pada malam hari ini.

“Untuk mencapai ketiga pilar yang saling berkaitan, setelah melalui kajian dan pemetaan potensi yang ada di Desa kita, perikanan bagian dari sektor pertanian dan UMKM Desa harus diberdayakan. Agar tercapai peningkatan produksi perikanan yang efektif dan efisien menggunakan Teknologi Digital, sehingga ekonomi di desa kita bisa kuat. Jelas kegiatan malam ini merupakan bagian dari Literasi Digital agar terbentuk Masyarakat Cerdas terlebih dahulu sebagai pengguna dari teknologi penunjang tersebut”, dijelaskan oleh Mujiyanto, Kades Sawentar.

Selanjutnya Hamzah Fathoni, Ketua Umum Relawan TIK Kabupaten Blitar, sebagai pemateri yang sekaligus pendamping Desa Sawentar dalam implementasi program Smart Village, menyampaikan penjelasan tentang program Desa Cerdas dan berbagai bentuk kegiatan dalam upayanya mencapai indikator dan sub-indikator dari masing-masing pilar Desa Cerdas dalam mewujudkan pencapaian SDG’s Desa yang telah diamanatkan Kemendes PDTT RI.

Sugiarto, S.Kom., M.Kom., Kaprodi Fasilkom UPN Veteran Jawa Timur, sebagai pemateri kedua menyampaikan papapran pengenalan kepada peserta yang hadir tentang Teknologi Ineternet of Things (IoT) dan penerapannya pada kegiatan hulu di sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan sektor yang lainnya yang ada di perdesaan.

Berbagai pertanyaan dan permasalahan yang diajukan oleh beberapa peserta yang sehari-harinya adalah peternak ikan lele, ikan koi dan ikan nila, dijawan oleh para narasumber dengan bentuk diskusi dua arah.

Diterbitkan oleh

rtikablitar

Kabupaten Blitar - Jawa Timur | Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: