Overview Perwujudan Satu Data Desa di Kabupaten Blitar

Bidang Statistik Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Blitar menyelenggarakan rapat Overview Perwujudan Satu Data Desa bertempat di Ruang Rapat Command Center, Rabu (8/11/2023). Kegiatan ini melibatkan stakeholder terkait diantaranya BPS Kab. Blitar, Bappedalitbang, Dinas Pendidikan, DKPP, Disnakkan, Disdukcapil, Dinsos.

Acara dibuka oleh Ulfatul Umami, SST, MT, M.Sc selaku Plt. Sekretaris Dinas Kominfotiksan dan Kepala Bidang Statistik. Ulfa menyampaikan bahwa saat ini, data memegang peranan penting dan sangat strategis sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan daerah hingga di level desa.

Pada kesempatan tersebut, dihadirkan Ketua Umum Relawan TIK Kabupaten Blitar, Hamzah Fathoni yang memaparkan terkait inovasi Sistem Informasi Data Mikro (SITakro) Desa sebagai alat untuk mengelola data desa berbasis SDG’s Desa.

Tampilan SDG’s Data Individu SITAKRO

Hamzah menambahkan urgensi sebuah data dapat terlihat dari upaya mengkonsolidasikan data desa yang sangat presisi melalui SDGs Desa. Salah satu komponen kunci dalam pendekatan ini adalah proses pendataan data, analisis dan penggunaan data desa yang akurat dan komprehensif. Dalam konteks ini, Data Desa menjadi elemen utama yang menjadi landasan dalam mengambil keputusan pembangunan. Tools aplikasi data https://sitakro.com akan diimplementasikan di salah satu desa yang menjadi piloting, yaitu Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Ulfa menyampaikan bahwa apabila data di level desa dan kelurahan jelas maka data di wilayah yang lebih luas akan tertata. Diharapkan, sebelum aplikasi ini diimplementasikan di lapangan, di salah satu desa yang menjadi pilot, maka prinsip penyelenggaraan satu data dapat dipegang, baik dari sisi standardisasi data, metadata, interoperabilitas maupun kode referensi. Oleh karenanya, diperlukan pembahasan lebih lanjut dan mendalam bersama dengan BPS sebagai Pembina data, termasuk kaitan dengan collecting data di lapangan.

Hal ini selanjutnya perlu disinkronisasi dengan Program Desa Cantik (Cinta Statistik) yang dibina oleh BPS agar satu data desa dapat terwujud dengan apik. Namun disayangkan, pada kesempatan tersebut personal dari Dinas PMD serta TAPM yang diundang berhalangan hadir.

Diterbitkan oleh

rtikablitar

Kabupaten Blitar - Jawa Timur | Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: