Pencapaian Break Event Point (BEP) Unit Usaha Internet BUM Desa Lembu Gumarang Desa Kalitengah, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar

Internet Sambung Desa|Relawan TIK Kabupaten Blitar telah melakukan pendampingan Badan Usaha Milik (BUM) Desa Lembu Gumarang, Desa Kalitengah, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, sejak penanda-tanganan MOU tertanggal 23 Maret 2021.

Pendampingan pembangunan Infrastruktur Jaringan Internet Desa dengan menggelar kabel Fiber Optik (FO) di 5 dusun. Diawali dengan penarikan kabel Backbone dari Kantor Kecamatan Panggungrejo menuju kantor Desa Kalitengah sepanjang 9,4 km.

Dengan transfer teknologi yang dilakukan oleh Relawan TIK Kabupaten Blitar kepada team teknis yang dibentuk oleh Kepala Desa, dan juga dikukuhkannya sebagai Relawan TIK Komisariat Desa. Akhirnya mulai dari instalasi jaringan distribusi internet, sampai Tata Kelolanya terus dijalankan secara mandiri.

Akhirnya pada september 2022 (selama 20 bulan) tercapailah Break Event Point (BEP) dengan margin 40% bruto. Produk utamanya dapat dinikmati oleh masyarakat berupa internet berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Kehadiran Tata Kelola Jaringan Internet Desa, yang awalnya merupakan sebuah solusi untuk kesulitan warga desa dalam akses Internet, benar-benar telah dirasakan manfaatnya oleh warga. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh Sumaryanto, Perangkat Desa sebagai pembina BUM Desa Lembu Gumarang

“Sudah lama di Desa Kalitengah dibentuk BUM Desa, namun baru kali ini kami mendapatkan jalan atau suatu bentuk usaha yang bisa dinikmati oleh semua warga Desa yang awalnya diinisiasi oleh Relawan TIK Kabupaten Blitar, sehingga banyak warga yang terbantu dengan akses Internet yang lancar dengan harga terjangkau”, demikian kata Sumaryanto.

Demikian juga sebagaimana dikemukakan oleh Difa Yonky Prastya, Sekretaris BUM Desa sekaligus juga Ketua Komisariat Desa, Relawan TIK Kabupaten Blitar bahwa program Internet Sambung Desa, berupa pembangunan dan tata kelola Jaringan Internet Desa sebagai Unit Usaha BUM Desa sangat membantu peningkatan kesejahteraan warga Desa Kalitengah.

“Program Jaringan Internet Desa ini sangat membantu untuk meningkatkan kesejahteraan warga, terutama nanti bagi digitalisasi pertanian cerdas dan UMKM Desa”, kata Difa Yonky Prastya.

Testimoni dari Perangkat Desa dan Sekretaris BUM Desa Lembu Gumarang Desa Kalitengah, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

Diterbitkan oleh

rtikablitar

Kabupaten Blitar - Jawa Timur | Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: